Posted by : mughni alhazein Sabtu, 17 Agustus 2013

PENGERTIAN DAN SEJARAH PHOTOSHOP

Pengertian Photoshop adalah program atau aplikasi yang khusus untuk membuat dan memanipulasi / mengedit objek atau gambar. Adobe Photoshop ini biasanya banyak digunakan oleh para photografer digital dan perusahaan iklan. Bersama Adobe Acrobat, Adobe Photoshop ini merupakan produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Saat ini Adobe Photoshop tidak hanya dirancang untuk sebuah pengeditan gambar / foto tetapi sekarang sudah berkembang dan dapat dipakai untuk memproduksi gambar untuk World Wide Web dan juga sudah disertai dengan aplikasi seperti Adobe Image Ready. Setelah mengetahui apa pengertian photoshop, kini simak bagaimana asal mula berdirinya photoshop atau sejarah photoshop.

Pengertian dan Sejarah Photoshop

Sejarah Photoshop

Seorang mahasiswa PhD di Universitas Michigan yaitu Thomas Knoll, pada tahun 1987 menulis suatu program pada Macintosh Plus untuk menampilkan sebuah gambar Grayscale pada layar monokrom. Bersama dengan saudaranya yaitu John Knoll yang juga karyawan dari Industrial Light & Magic, merubahnya menjadi program penyunting gambar. Pada tahun 1988 kedua kakak beradik itu merubahnya dengan nama ImagePro. Setelah tahun itu, Thomas mengubah nama programnya menjadi Photoshop dan bekerja dalam jangka pendek dengan produsen scanner Barneyscan untuk mendistribusikan salinan dari program tersebut dengan slide scanner; "total sekitar 200 salinan Photoshop telah dikirimkan".

Selama waktu itu, John bepergian ke Silicon Valley di California dan memberikan demonstrasi program itu kepada insinyur di Apple Computer Inc. dan Russell Brown, direktur seni di Adobe. Kedua demonstrasi itu berhasil, dan Adobe memutuskan untuk membeli lisensi untuk mendistribusikan pada bulan September 1988. Sementara John bekerja pada plug-in di California, Thomas tetap di Ann Arbor untuk menulis kode program. Photoshop 1.0 dirilis pada 1990 khusus untuk Macintosh.

Versi terbarunya yang dirilis pada tahun 2005, adalah versi 9. Program ini dipasarkan dengan nama "Photoshop CS2. Versi beta Photoshop CS3 telah dirilis untuk pengguna CS2 pada tanggal 15 Desember 2006. Versi berikutnya diliris dilengkapi dengan ''Adobe Camera RAW'', sebuah plugin yang dikembangkan oleh Thomas Knoll yang dapat membaca beberapa format file RAW dari kamera digital dan mengimpornya langsung ke Photoshop. Versi awal RAW plugin ini juga tersedia untuk Photoshop 7.0.1 dengan tambahan biaya $99 USD.

Sampai di tahun 2013 ini Adobe Photoshop sudah meliris dengan versi terbarunya yaitu Adobe Photoshop CS 6 dan mungkin tidak lama lagi akan keluar versi paling terbarunya.

Sejarah Penemuan Adobe Photoshop, Berikut perkembangan-perkembangan yang bisa sobat lihat dari Photoshop versi awal hingga sekarang (1988-2012):

Adobe Photoshop 0.63

Photoshop versi pertama ini dibuat untuk Mac yang dirilis pada January 1988. Icon dari Adobe Photoshop 0.63 hanya gambar mata hitam putih.

Welcome Splash atau About Screen yang dimiliki versi 0.63 juga tidak menarik.
Tools yang dimiliki pun tak banyak hanya Marquee Tool, Lasso Tool, Hand Tools, Erase Tool, Eyedropper Tool, Smudge Tool, Sharpen Tool, Blur Tool, dan Brush Tool.

Berikut gambar lembar kerja atau Workspace dari Adobe PhotoShop 0.63.
Adobe Photoshop 0.87
Adobe Photoshop 0.87
Pada tahun berikutnya 1989 dibulan Maret Thomas Knoll kembali merilis Photoshop dengan versi 0.87. Pembaruan yang terjadi disini terjadi pada Welcome Splash atau About Screen, Magic Wand Tool, dan Clone Stamp Tool.
Sedangkan untuk lembar kerja atau Workspace dan juga iconnya tetap dan masih ditujukan untuk pengguna Mac.
Adobe Photoshop 1.0
Setahun setelahnya yaitu pada bulan Februari 1990, Photoshop dirilis dengan versi 1.0 yang cukup membawa perubahan yang fantastis. Perubahan yang terjadi ada pada Welcome Splash atau About Screen yang menampilkan logo Photoshop dan Toolbar yang lebih banyak memiliki Tool seperti: Pen Tool, Zoom Tool, Crop Tool, Gradient Tool, Text Tool dan Line Tool.

Namun untuk icon dan Workspace Photoshop 1.0 masih tetap sama dengan versi sebelum-sebelumnya. Tentu Photoshop 1.0 masih ditujukkan untuk pengguna Mac.
Adobe Photoshop 2.0
Fast Eddy adalah codename untuk Adobe Photoshop versi 2.0, di versi 2.0 lah sudah sang developer mulai memberikan codename. Adobe Photoshop 2.0 dirilis pada bulan Juni 1991 dan mempunyai perubahan yang menarik. Ingin tahu perubahan apa saja yang terjadi, berikut ane ulas.
Icon yang dimiliki Photoshop 2.0 sudah mulai bewarna dengan foto mata dan frame bewarna merah.
Untuk tampilan Welcome Splash atau About Screen juga telah memiliki pewarnaan yaitu kanvas dan juga lensa.

Untuk Toolbar masih tetap sama dengan versi 1.0.

Sedangkan untuk Worksapce atau lembar kerja dari Photoshop 2.0masih tetap sama dengan versi sebelumnya. Ada juga fitur tambahan seperti Paths, CMYK Color dan EPS Rasterization.
Adobe Photoshop 2.5
Pada November 1992 Adobe Photoshop telah dirilis untuk versi Mac dan juga Windows. Untuk Mac Photoshop diberi codename Merlin dan untuk Windows Photoshop diberi codename Brimstone. Pada tahun berikutnya Photoshop dirilis untuk IRIX dan Solaris. banyak perubahan yang terajadi pada Photoshop versi 2.5 ini diantaranya: 16 bit channel support, Welcome Splash atau About Screen, Toolbar dan Workspace yang lebih rapi.
Adobe Photoshop 3.0
September 1994 Photoshop versi 3.0 telah dirilis dengan codename Tiger Mountain untuk Mac, sedangkan untuk Windows, IRIX dan Solaris dirilis pada November 1994. Perubahan yang paling menonjol pada versi ini adalah adanya pallet warna dan juga layer. Untuk icon, Werlcome Splash, Toolbar dan Workspace tidak jauh berbeda.
Adobe Photoshop 4.0
Selang dua tahun yaitu November 1996 tepatnya, Adobe kembali merilis Photoshop versi 4.0 yang diberi codename Big Electric Cat baik untuk Windows dan juga Mac. Photoshop versi 4.0 sudah tidak dirilis lagi untuk IRIX dan Solaris. Perbuahan yang menonjol ada yaitu fitur Adjustment Layers dan Actions (macros). Ada juga perubahan lain seperti pada Welcome Splash dan Dodge Tool.
Adobe Photoshop 6.0
Venus in Furs adalah codename dari Photoshop 6.0 yang dirilis September 2000. Tampilannya masih sama seperti versi 5.5, 5.0 dan 4.0.Hanya fiturnya yang ditambahkan seperti: Vector Shapes, Liquify salah satu fitur di Filter dan Layer styles/Blending Options dialog.
Adobe Photoshop 7.0
Maret 2002 Adobe merilis Photoshop 7.0 yang diberi codename Liquid Sky. Photoshop 7.0 bisa digunakan untuk Windows, Mac OS ‘Classic’ dan Mac OS X. Perubahan yang terjadi disini cukup banyak diantaranya: tampilan yang lebih baik, Toolbar yang miliki Tool lebih banyak, text fully vector, Healing Brush dan painting engine yang baru.
Adobe Photoshop CS1
Tahukah agan mengenai Adobe Photoshop CS, kira-kira menurut agan apa kepanjangan dari CS? CS adalah kepanjangan dari Creative Suite. Photoshop CS1 dirilis dengan codename Dark Matter pada October 2003 yang bisa digunakan untuk Mac OS X dan Windows. Fitur yang ditambahakan adalah Camera RAW 2.x, Slice Tool, Shadow/Highlight, Lens Blur di menu Filter, Dokumen bisa sampai 300000 pixel dan masih banyak lagi.
Adobe Photoshop CS3
Red Pill adalah codename dari Photoshop CS3 yang diluncurkan April 2007. Photoshop CS3 membawa hal yang baru pada setiap elemennya, baik tampilan dan juga fitur yang ada. Fitur yang ditambahkan adalah Quick Select tool, Black-and-white conversion adjustment, Auto Align and Auto Blend, Mobile device graphic optimization dan masih banyak lagi. Untuk Photoshop CS3 dapat diinstall di sistem operasi Universal Mac OS X, Windows XP SP2 atau lebih.
Berikut ini tampilan Welcome Splash, icon, Toolbar dan Workspace yang telah diubah menjadi lebih keren dan elegan.
Adobe Photoshop CS4
Pernah mendengar Stonehenge? Jangan berpikir ini nama tempat pariwisata di Inggris loh..Stonehenge yang satu ini adalah codename untuk Photoshop CS4 yang dirilis October 2008. Fitur baru yang ditambahkan adalah: support Adobe Bridge CS4, support Windows Vista x64, Masks panel, Adjustments panel dan masih banyak lagi. Tampilan juga kembali diubah oleh Adobe seperti icon, Toolbar dan juga Workspace.
Adobe Photoshop CS5
Photoshop CS5 dirilis pada April 2010 dengan codename White Rabbit. Perubahan yang besar telah dilakukan oleh Adobe untuk Photoshop versi CS5. Perubahan yang dilakukan adalah tampilan dan fitur yang diperbarui diantaranya: tampilan icon, Welcome Splash, Toolbar dan Workspace. Sedangkan untuk fitur adalah: Mixer Brush, Automatic Lens Correction, Camera RAW grain control, support Mac OS X 64 bit dan masih banyak lagi.

Adobe Photoshop CS6
Tak lama setelah itu Photoshop CS6 muncul dengan codename Superstition yang dirilis pada May 2012. Banyak yang baru di Photoshop CS6 ini, diantaranya: tampilan yang baru dengan tampilan serba hitam, Blur Gallery, Adobe Camera RAW 7, dan masih banyak lagi.
Lumayan Panjangkan Evolusi yang telah dicapai Photoshop hingga saat ini? Bisa sobat lihat juga Adobe System sangat rajin untuk meluncurkan produk barunya ke pasaran, selang satu atau dua tahun Adobe selalu meluncurkan versi terbaru dari Adobe Photoshop.

Bagi sobat yang belum memiliki software Adobe Photoshop CS6 ini, jika berminat silahkan miliki yang berupa Portable : DOWNLOAD

sekian dari saya saya ucapkan terima kasih.
silahkan tinggal kan kritik dan saran anda.

             http://bloggerbondowoso24.blogspot.com/2013/04/pengertian-dan-sejarah-photoshop.html

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

visitor

Popular Post

info dukati blogger. Diberdayakan oleh Blogger.

twitter

- Copyright © 2013 dukati otaku blogger -Sao v2- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -